Saturday, 04 May 2024
  • Selamat datang di website resmi Program Studi Akuntansi Syariah - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam - Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang

Meneladani Pahlawan

Meneladani Pahlawan

Bung Karno pernah berkata, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Pernyataan Bung Karno ini mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengakui dan mencontoh sikap para pahlawan. Dengan kata lain, untuk memajukan Indonesia diperlukan sikap kepahlawanan, yaitu sikap para pahlawan sebelumnya. Sikap tersebut harus diperkenalkan kepada anak sejak dini, agar kelak menjadi orang yang berguna bagi orang lain, keluarga, dan negara. Sikap macam apa itu?
1. Keberanian
Keberanian berarti sikap tegas untuk bertindak dan mengambil keputusan secara benar. Jangan pernah menyerah dalam menghadapi kegagalan dan teruslah berusaha sampai Anda berhasil. Contoh:
– berani mengakui kesalahan yang dilakukan
– berani mengambil resiko dari keputusan dan tindakan
– berani mengemukakan pendapat dalam rangka memperbaiki diri
2. Siap berkorban
Artinya siap dengan ikhlas memberikan waktu, tenaga, pikiran . dan harta benda untuk kepentingan orang lain untuk tujuan yang baik. Pengorbanan tentu merugikan bagi yang melakukannya. Namun, keikhlasan, keyakinan dan semangat meningkatkan kerugian tersebut. Contoh:
– Saling membantu sesama
– Membantu orang miskin
– Berpartisipasi dalam kegiatan sosial seperti pengabdian masyarakat dan memberi sumbangan
3. Membela kebenaran dan keadilan
Kedua sikap heroik ini mengajarkan untuk berpihak pada kebenaran dan keadilan . , membuat anak lebih bertanggung jawab, menghargai orang lain dan memperhatikan. Membela kebenaran dan keadilan membuat anak menunjukkan sikap sebagai berikut:
– membantu orang lain yang membutuhkan
– tidak melakukan perbuatan tercela yang merugikan orang lain
– berkontribusi pada pencapaian pembangunan yang adil dan keadilan sosial

. Cinta Tanah Air
Perasaan ini muncul dari hati setiap orang. Seruan untuk mengabdi, membela, melindungi dan membela negara dari ancaman ini disebut juga dengan patriotisme. Bentuk rasa cinta tanah air yang harus ditanamkan pada anak-anak, seperti:
– bangga bahasa Indonesia
– ikut melestarikan budaya daerah dan nasional
– ikut mengharumkan nama bangsa di kancah internasional
5. Besar hati
Besar hati atau berdada lebar adalah sikap yang menjadi ciri seorang pahlawan yang harus diwariskan kepada anak bangsa. Sikap pahlawan ini menekankan kejujuran, keberanian dan perjuangan. Sikap ksatria ini biasanya memanifestasikan dirinya:
– sikap ingin merenungkan kesalahan sendiri
– tidak menyerah ketika berulang kali mengalami kegagalan
– siap untuk meminta maaf dan memaafkan segala macam kesalahan dalam lingkungan sosial
6. Kerjasama dan tanggung jawab
Etika kerja Kesetaraan dan tanggung jawab melatih anak untuk berpartisipasi dalam kelompok dan mempengaruhi masyarakat. Sangat baik jika anak-anak diajarkan untuk bekerja sama dan bertindak bertanggung jawab sejak dini, misalnya:
– Membersihkan rumah gotong royong setiap akhir pekan
– Aktif berorganisasi dan berinteraksi dengan kelompok di lingkungan sekitar
– Mengajar melalui permainan yang membutuhkan kerja sama dan tanggung jawab
7. Mendukung persatuan dan kesatuan
Kedua sikap ini sangat penting bagi warga negara Indonesia untuk menjaga kemerdekaan dan kesejahteraan bersama. Sikap tersebut dapat diajarkan melalui:
– Mengenalkan anak pada sejarah dan jasa para pahlawan
– Belajar mengendalikan diri dan menjaga etika dalam lingkungan sosial
– Menumbuhkan rasa tanggung jawab dan saling menghargai melalui berbagai kegiatan sehari-hari.
Meniru dan menerapkan sikap pahlawan harus dilatih sejak usia dini. Perkenalkan anak pada pahlawan yang diidolakan dan diikuti dengan sikapnya yang terpuji. Beginilah cara Anda berkontribusi untuk kemajuan negara dengan membentuk karakter generasi muda.

admin

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR